'/> Doa Menjenguk Orang Sakit Yang Sesuai Sunnah Biar Cepat Sembuh

Info Populer 2022

Doa Menjenguk Orang Sakit Yang Sesuai Sunnah Biar Cepat Sembuh

Doa Menjenguk Orang Sakit Yang Sesuai Sunnah Biar Cepat Sembuh
Doa Menjenguk Orang Sakit Yang Sesuai Sunnah Biar Cepat Sembuh
Doa Menjenguk Orang Sakit - Ada kalanya saudara, sahabat, atau tetangga kita sakit, maka sebagai muslim yang baik, maka akan sangat dianjurkan bagi kita untuk menjenguknya. Mengunjungi orang sakit adalah sebuah perbuatan mulia. Di dalamnya terdapat keutamaan serta pahala yang sangat besar. Selain itu, menjenguk orang sakit ialah suatu bentuk dorongan kita bagi mereka yang sakit semoga tetap tawakal dan tak pernah mengalah melawan penyakitnya.

Islam mengatur bagaimana tata cara yang sebaiknya dilakukan knorma dan sopan santun seorang muslim menjenguk seseorang yang sakit. Salah satu hukum tersebut ialah adanya doa menjenguk orang sakit serta sunnah dan larangan yang dilarang dilakukan. Berikut ini kami akan membahas aturan-aturan tersebut sebagai aliran bagi kita tiruana.

Doa Menjenguk Orang Sakit

Salah satu yang utama dalam hukum islam knorma dan sopan santun membesuk orang sakit ialah membaca doa kesembuhan untuknya. Doa ini merupakan bentuk permohonan kita kepada Alloh semoga supaya saudara, teman, atau kerabat kita yang sedang sakit sanggup diangkat penyakitnya dan dimemberikankan kesembuhan. Lafal doa menjenguk orang sakit tersebut ibarat terdapat dalam HR. Al-Bukhari no. 5743 dan Muslim no. 2191 adalah:

 maka akan sangat dianjurkan bagi kita untuk menjenguknya Doa Menjenguk Orang Sakit yang Sesuai Sunnah Agar Cepat Sembuh

Latinnya : Allohumma robbannas, adzhibilbaasa wasyfiantasy-syaafii. Laa syifaa-a illa syafa-uka wyifaa-a. Laa yughodziru saqomaa.
Artinya : Ya Allah, Tuhan pemelihara manusia. Hilangkanlah penyakitnya dan sembuhkanlah dia, Engkau-lah Dzat Yang Maha Menyembuhkan. Tidak ada kesembuhan kecuali hanya kesembuhan dari-Mu, kesembuhan yang tidak meninggalkan sakit kembali.
Doa untuk Orang Sakit
Doa Mohon Panjang Umur
Doa untuk Anak Sakit
Doa di atas sebaiknya dibacakan di dalam hati, semata-mata sebagai pengberharap kita kepada kuasa Alloh untuk menyembuhkan penyakitnya. Selain doa tersebut, ada ucapan yang baik untuk kita sampaikan kepada mereka yang sakit sebagai dorongan mental semoga ia tabah dalam menjalani keadaannya dan dimemberikankan kesabaran. Lafal ucapan doa menjenguk orang sakit tersebut ibarat terdapat dalam HR. al-Bukhari, HR. at-Tirmidzi, dan Abu Daud ialah sebagaimana memberikankut :

 maka akan sangat dianjurkan bagi kita untuk menjenguknya Doa Menjenguk Orang Sakit yang Sesuai Sunnah Agar Cepat Sembuh

Latinnya : Laa baasaa thohuru in-syaa Alloh. As alullohal adziima. Robbal ‘arsyil adziim, an yasyfiyaka.
Artinya : Tidak apa. Semoga sakitmu ini sanggup menjadi penawar dosa-dosa, Insya Alloh. Aku memohon kepada Allah Yang Maha Agung semoga ia sanggup menyembuhkan penyakitmu.

Sunnah dan Larangan ketika Menjenguk Orang Sakit

Selain disunnahkan membaca doa menjenguk orang sakit, knorma dan sopan santun membesuk ada beberapa sunnah dan larangan yang sebaiknya kita jaga. Sunnah dan larangan tersebut antara lain:

Pertama, datanglah dengan niat yang lapang dada tanpa keterpaksaan, bila ada kelonggaran rejeki bawakanlah orang yang sakit kuliner yang baik untuknya. Sedikit banyak yang Anda bawakan sebagai buah tangan untuknya akan sanggup menyenangkan hatinya.

Kedua, duduklah berdekatan dengan kepala orang yang sakit, letakan tangan dikeningnya, wajahnya, dada, atau perutnya, lalu usap-usaplah dia. Tanyakan kepadanya kondisi kesehatannya, semata-mata sebagai bentuk perhatian Anda kepadanya.

Apabila orang yang sakit itu meminta kepada Anda sesuatu yang baik, contohnya berupa makanan, maka memberikankanlah untuknya.

Baca doa menjenguk orang sakit untuknya sambil menempelkan asisten ke badan orang yang sakit. Selain doa di atas, Anda juga sanggup membaca doa memberikankut ini sebanyak 7 kali  [Lihat Shahîh Adabil-Mufrad, 416] :

 maka akan sangat dianjurkan bagi kita untuk menjenguknya Doa Menjenguk Orang Sakit yang Sesuai Sunnah Agar Cepat Sembuh

Latinnya : As alullohal adziima. Robbal ‘arsyil adziim, an yasyfiyaka.
Artinya : Aku memohon kepada Allah Yang Maha Agung, Tuhan Penguasa Arsy Yang Agung, semoga ia sanggup menyembuhkan penyakitmu.

Berkunjunglah pada waktu yang tepat, waktu yang sekiranya tidak membebani orang yang sakit ketika memberikanstirahat. Lakukan kunjungan singkat saja, kecuali kalau orang yang sakit berkehendak semoga Anda tetap menemaninya beberapa ketika atau kalau kedatang an Anda sanggup memmemberikankan maslahat baginya.

Nah, demikianlah uraian mengenai sunnah dan doa menjenguk orang sakit yang bisa Anda amalkan. Semoga sanggup memberi manfaat dan sanggup membawa kebaikan bagi kita tiruana. Semoga Alloh mengabulkan doa kita dan Alloh sanggup menjauhkan diri kita dan keluarga kita dari segala penyakit yang berbahaya. Amiin.
Advertisement

Iklan Sidebar