'/> Doa Masuk Masjid, Doa Keluar Masjid, Dan Budpekerti Kadab Di Dalam Masjid

Info Populer 2022

Doa Masuk Masjid, Doa Keluar Masjid, Dan Budpekerti Kadab Di Dalam Masjid

Doa Masuk Masjid, Doa Keluar Masjid, Dan Budpekerti Kadab Di Dalam Masjid
Doa Masuk Masjid, Doa Keluar Masjid, Dan Budpekerti Kadab Di Dalam Masjid
Masjid yaitu rumah Alloh yang harus dijaga kesuciannya. Islam mengatur setiap muslim dengan sunnah-sunnah yang ada kadab seorang muslim hendak berangkat, masuk masjid, kadab di dalam masjid, dan kadab keluar masjid. Salah satu sunah tersebut yaitu melafalkan doa masuk masjid dan doa keluar masjid. Selain itu, ada beberapa sunnah lain yang sebaiknya dilakukan oleh seorang muslim mengikuti tuntunan yang telah diajarkan Rasulloh dalam beberapa hadis. Nah, di artikel kali ini kami akan membahas sunnah-sunnah tersebut beserta doa masuk dan keluar masjid komplit dengan bahasa Arab, latin, dan artinya.

Doa Masuk Masjid

Sebelum membahas perihal sunah apa saja yang sebaiknya dilakukan kadab menuju masjid, terludang keringh lampau mari kita ketahui dan hapalkan menyerupai apa bacaan doa masuk masjid. Nah, diberikut ini lafalnya:

Masjid yaitu rumah Alloh yang harus dijaga kesuciannya Doa Masuk Masjid, Doa Keluar Masjid, dan Adab Kadab di Dalam Masjid

Latinnya : Allahummaf-tpakari abwaaba rahmatika.
Artinya : Ya Tuhan, bukakanlah untukku, pintu-pintu rahmat-Mu.

Doa di atas dibacakan kadab kita hendak masuk ke dalam masjid sebagai bentuk permohonan supaya Alloh SWT membukakan pintu rahmat-Nya untuk kita. Karena termasuk doa pendek, maka ajarkanlah doa tersebut kepada anak Anda supaya sanggup menjadi amalan yang baik untuknya nanti.
Doa Naik Kendaraan
Doa Mau Makan
Doa Mau Tidur

Doa Keluar Masjid

Seperti halnya kadab hendak masuk masjid, kita juga dianjurkan membaca doa kadab keluar masjid. Lafal doa keluar masjid tersebut komplit dengan bahasa Arab, latin, dan artinya yaitu sebagai diberikut:

Masjid yaitu rumah Alloh yang harus dijaga kesuciannya Doa Masuk Masjid, Doa Keluar Masjid, dan Adab Kadab di Dalam Masjid

Latinnya : Allahumma innii as-aluka min fadhlika.
Artinya : Ya Tuhan, sebenarnya saya memohon kepada-Mu, akan segala keutamaan-Mu.

Adab Kadab Masuk dan Keluar Masjid

Doa masuk dan keluar masjid di atas yaitu sebagian kecil dari sunnah-sunnah yang sebaiknya dilakukan seorang muslim kadab menuju masjid. Selain itu, ada beberapa budpekerti dan sunnah lainnya yang juga diajarkan oleh rasululloh SAW. Berikut ini budpekerti kadab masuk masjid tersebut:
  1. Mengikhlaskan niat menuju masjid semata alasannya yaitu mengharap ridho Alloh.
  2. Berpakaian yang rapi, sopan, menutup aurat, dan suci dari najis.
  3. Hindari memakan makanan yang beraroma berpengaruh menyerupai bawang, jengkol, petai, dan lain sebagainya supaya tidak mengganggu ibadah orang lain kadab kita berada di dalam masjid.
  4. Bersegeralah ketika menuju masjid, berjalanlah dengan tenang, dan jangan tergesa-gesa untuk mengejar rakaat sholat.
  5. Adab khusus untuk perempuan kadab hendak ke masjid yaitu mintalah izin kepada suami atau mahromnya, menutup auratnya dengan komplit, dan tidak memakai wewangian atau diberias.
  6. Kadab hendak masuk ke dalam masjid, lampaukanlah kaki kanan dan bacakan doa masuk masjid yang lafalnya telah kami cantumkan di atas.
  7. Bila ada kesempatan, maka  tunaikanlah sholat tahiyyatul masjid sebagai sunnah yang baik dan sebagai perwujudan penghormatan kita terhadap keagungan masjid.
  8. Tunggulah waktu sholat sambil berdoa, berzikir, atau membaca Al-Quran.
  9. Jagalah ucapan kadab berada dalam masjid, terludang keringh kata-kata jorok atau bunyi yang keras sehingga mengganggu kekhusyuan ibadah orang lain.
  10. Jangan keluar dari masjid kadab adzan simpulan dikumandangkan, jangan membicarakan hal duniawi di dalam masjid, jangan meludah, menciptakan gaduh, membawa senjata tajam, dan jangan lewat di depan orang yang sedang sholat.
  11. Jika telah simpulan menunaikan ibadah, keluarlah dari masjid dengan menlampaukan kaki kiri sambil membaca doa keluar masjid yang telah kami cantumkan di atas.

Nah, demikianlah pemaparan kami perihal adab-adab kadab di dalam masjid beserta doa masuk masjid dan doa keluar masjid yang sanggup diamalakn sebagai sunnah. Semoga sanggup menambah wawasan keagamaan kita dan semoga kita tiruana termasuk orang-orang yang hatinya selalu akrab dengan masjid. Salam.
Advertisement

Iklan Sidebar