'/> 4 Doa Untuk Orang Renta Yang Sesuai Sunnah Rasululloh

Info Populer 2022

4 Doa Untuk Orang Renta Yang Sesuai Sunnah Rasululloh

4 Doa Untuk Orang Renta Yang Sesuai Sunnah Rasululloh
4 Doa Untuk Orang Renta Yang Sesuai Sunnah Rasululloh
Kasih dan sayang orang bau tanah terhadap anaknya ialah mengasihi yang abadi sepanjang masa. Mulai kita dilahirkan, dibesarkan, hingga dinikahkan, entah berapa banyak pengorbanan yang telah mereka, ayah dan ibu kita lakukan. Tak ada yang sanggup membalas tiruana kebaikan tersebut, kecuali doa dari anak yang sholeh untuk kedua orang tuanya.

Doa untuk orang tua sendiri merupakan salah satu dari 3 perkara yang amalnya akan terus mengalir. Jika seseorang meninggal, maka terputuslah tiruana amalan di dunia kecuali ilmu yang berkhasiat, harta jariyah, dan doa anak yang sholeh. Nah, bila mungkin selama ini kita kurang begitu menyadari wacana hal ini, maka mulai kini marilah kita doakan kedua orang bau tanah kita, baik bila masih hidup maupun sudah meninggal sebagai hadiah untuk mereka berdua.

Doa Untuk Orang Tua

Di kesempatan artikel kali ini, kami akan membahas wacana kumpulan doa untuk orang tua yang sanggup Anda amalkan sebagai wujud mengasihi dan balas kecerdikan Anda sebagai anak. Simak secara komplit, hapalkan, dan amalkan demi kebaikan kedua orang bau tanah kita.

1. Doa untuk kedua orang tua

Yang pertama yaitu doa untuk orang bau tanah yang sudah umum diketahui. Doa ini termasuk doa pendek dan mustajab, sehingga biasanya sudah akan diajarkan kadab kita masuk usia anak-anak. Bila Anda sudah berkeluarga, ajarkanlah doa ini kepada anak Anda supaya kelak ia sanggup menjadi anak soleh yang bisa menolong kedua orang tuanya dari jerat api neraka. Berikut ini lafal, latin, dan artinya.

Kasih dan sayang orang bau tanah terhadap anaknya ialah mengasihi yang abadi sepanjang masa 4 Doa Untuk Orang Tua yang Sesuai Sunnah Rasululloh

Latinnya : Allohummaghfirlii waliwaalidayya war hamhumaa kama rabbayaanii shagiiraa
Artinya: Ya Tuhanku, ampunilah saya dan kedua orang tuaku (Ibu dan Bapakku), sayangilah mereka ibarat mereka menyayangiku di waktu kecil.

Doa tersebut sanggup diamalkan kapan pun dan dimanapun. Hanya saja akan ludang keringh baik bila ia diamalkan sehabis sholat dan dalam keadaan suci dari hadas dan najis. Dengan doa ini agar tiruana dosa kita dan dosa kedua orang bau tanah kita sanggup diampuni oleh Alloh dan Alloh memasukan kedua orang bau tanah kita dalam golongan orang-orang yang dikasihi.
Doa untuk Orang Sakit
Doa untuk Kebaikan Dunia Akhirat
Doa Panjang Umur

2. Doa untuk orang bau tanah yang sakit

Adapun bila pada kondisi tertentu, salah satu atau kedua orang bau tanah Anda sakit, berusahalah untuk seterbaikkan perhatian Anda kepada mereka. Gunanya orang bau tanah membesarkan anak tak lain dan tak bukan ialah untuk menolong mereka bila sudah masuk ke dalam masa udzur. Jangan pernah membantah apa yang dimau kedua orang bau tanah alasannya ialah itu termasuk dosa besar. Ingatlah kadab Anda kecil, siapakah yang mengurusi Anda kadab sakit? Bukankah hanya kedua orang tualah yang selalu ada di samping Anda melayani dengan tulus sepenuh hati?

Nah, selain berusaha mengurusnya sebaik mungkin, Anda juga sanggup mengamalkan doa untuk orang bau tanah yang sakit supaya Alloh sanggup mengangkat penyakitnya dan memdiberikan kesembuhan kepadanya. Berikut ini lafal doa yang sanggup Anda bacakan untuknya.

Kasih dan sayang orang bau tanah terhadap anaknya ialah mengasihi yang abadi sepanjang masa 4 Doa Untuk Orang Tua yang Sesuai Sunnah Rasululloh

Latinnya : Allahumma robbannaasi adzhibil ba'sa wasy fihu, wa antas syaafi, laa syifaa-a illa syifaauka, syifaa-an laa yughaadiru saqomaa.
Artinya : Ya Allah, Rabb manusia, hilangkanlah kesusahan dan diberilah ia kesembuhan, Engkau Zat Yang Maha Menyembuhkan. Tidak ada kesembuhan kecuali kesembuhan dari-Mu, kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit lain.

3. Doa untuk orang bau tanah yang sakit parah

Pada waktu yang telah ditentukan, bila didiberikan kesempatan kita akan melihat bagaimana orang bau tanah yang membesarkan kita sakit dengan parahnya. Dokter mungkin sudah menyarankan orang bau tanah kita dibawa pulang dari rumah sakit alasannya ialah kecil asanya untuk sanggup hidup normal kembali.

Pada kondisi ini, kita mungkin akan merasa tidak ikhlas. Namun disisi lain, kita juga tidak tega untuk melihatnya terus menderita dan tersiksa alasannya ialah penyakitnya. Oleh alasannya ialah itu, berusahalah untuk ikhlas. Jika kondisinya sudah tidak memungkinkan lagi, maka berdoalah kepada Alloh dengan doa untuk orang bau tanah yang sakit parah yang lafalnya sebagaimana diberikut:

Kasih dan sayang orang bau tanah terhadap anaknya ialah mengasihi yang abadi sepanjang masa 4 Doa Untuk Orang Tua yang Sesuai Sunnah Rasululloh

Latinnya : Allohumma ahyini maa-kaa-natil khayatu khoirolii, watawaf-fanii idza kaanatail wafaatu khorolii.
Artinya : Ya Allah, hidupkanlah saya (panjangkan usiaku), bila hidup itu ludang keringh baik bagiku dan matikanlah saya bila janjkematian itu ludang keringh baik bagiku.

Doa di atas dibacakan di atas ubun-ubun orang bau tanah kita yang sakit. Setelah selesai membacanya, tiupkan nafas Anda sebanyak 3 kali. Biasanya tak berselang lama, kita akan menemukan adanya kuasa Alloh. Ia akan sehat bila masih didiberi panjang usia, atau ia akan segera berpulang bila memang sudah menjadi kehendaknya.

4. Doa untuk orang bau tanah yang sudah meninggal

Kematian ialah suatu kepastian. Orang bau tanah yang begitu kita sayangi suatu ketika juga akan pergi meninggalkan kita, menghadap kepada Pemiliknya. Sedih memang, tapi menangis saja tak akan cukup. Berdoalah untuk kebaikannya supaya ia sanggup didiberikan kawasan terbaik di sisi Alloh SWT.

Adapun lafal doa untuk orang bau tanah yang sudah meninggal beserta latin dan artinya ialah sebagai diberikut:

Kasih dan sayang orang bau tanah terhadap anaknya ialah mengasihi yang abadi sepanjang masa 4 Doa Untuk Orang Tua yang Sesuai Sunnah Rasululloh

Latinnya : Allaahummaghfirlahu, warhamhu, wa'aafihii, wa'fu anhu, wa akrim nuzu lahu, wa wassi' madkholahu, waghsilhu bilmaai, wats-tsalji, walbarodi, wanaqqihi, minal khothooyaa kamaa yunaqqots tsaubul abyadhu minaddanasi wa abdilhu daaron khoiron min daarihi wa ahlan khoiron min pakarhi wazaujan khoiron min zaojihi wa adkhilhuljannata wa 'aidzhu min 'adzaabilqobri wafitnatihi wamin 'adzaabinnaari.

Artinya : Wahai Allah, ampunilah, dan rahmatilah, dan bebaskanlah, dan lepaskanlah dia. Dan muliakanlah kawasan tinggalnya, luaskanlah jalan masuknya, cucilah ia dengan air yang jernih lagi sejuk, dan membersihkankanlah ia dari segala kesalahan ibarat baju putih yang membersihkan dari kotoran, dan gantilan rumahnya dengan rumah yang ludang keringh baik daripada yang ditinggalkannya, dan keluarga yang ludang keringh baik, dari yang ditinggalkan, serta suami (istri) yang ludang keringh baik dari yang ditinggalkannya pula. Masukkanlah ia ke dalam surga, dan lindungilah dari siksanya kubur serta fitnahnya, dan dari siksa api neraka

Perhatian : Doa diatas dibacakan untuk ayah yang sudah meninggal, sementara untuk ibu yang sudah meninggal lafal kata “Hu” diganti dengan “Ha”. Misalnya : Allohummaghfirlaha ..dst.

Doa di atas sanggup dibacakan kadab melihat jenazahnya dipembaringan, sehabis menguburkannya, ketika berziarah ke makamnya, atau setiap selesai sholat fardlu. Dengan doa tersebut, insya Alloh amalan baik akan mengalir untuk bapak dan ibu kita meski mereka telah tiada.

Nah, demikianlah 4 doa untuk orang bau tanah sesuai sunnah yang sanggup saya rangkum dari beberapa hadist. Semoga sanggup diamalkan sesering mungkin sehingga orang bau tanah kita sanggup memperoleh kebaikan di dunia dan akhirat. Amin Allohumma Aamiin. Salam.
Advertisement

Iklan Sidebar